Pengertian Iman umat Muslim



Pengeritaian Iman umat Muslim
A.      Pokok Iman
S : Berapakah pokok iman itu ?
J : Pokok iman itu ada tiga, yaitu:
1.       Iman Ilahiyyat  artinya: iman yang berkaitan ( ta’alluk ) dengan Tuhan (Allah SWT)
2.       Iman Nabawiyyat  artinya: iman yang berkaitan ( ta’alluk) dengan semua nabi.
3.       Iman Sam’iyat artinya : iman yang berkaitan (ta’alluk) dengan mendengar firman Allah dan sabda Rasulullah
B.      Nama Iman
S :  Ada berapakah nama iman ?
J : Nama iman itu ada dua.
1.       Yaitu  : Aamuntu billaahi wa bimaa qaalallah
Artinya :
Saya beriman kepada Allah Ta’ala, dan apa yang difirmankan nya.
2.       Yaitu : Aamantu bir-rasuuli wa bimaa qaalar-rasuul
Artinya :
Saya beriman kepada Rasulullah saw. Dan apa yang disabda kannya

C.      Rukun Iman
S:  Ada berapakah Rukun iman itu ?
J: Rukun iman itu ada enam, yaitu:
1.       Aamantu billaahi
Artinya : Saya beriman kepada Allah Ta’ala
2.       Wa malaa’ikatihi
Artinya : Dan saya beriman kepada malaikat-malaikat-nya
3.       Wa kutubihi
Artinya : Dan saya beriman dengan kitab-kitab-nya
4.       Warusulihi
Artinya : Dan saya beriman kepada utusan-utusan-nya
5.       Wal-yaumil-‘akakhiri.
Artinya : Dan saya beriman kepada hari kemudian (kiamat)
6.       Wal-qadri khairihi wa syarrihi minallaahi Ta’aalaa
Artinya: dan saya beriman kepada ketentuan allah Ta’ala yang baik dan yang buruk
Selanjut nya baca kunci ibadah Iman kepada Allah di